
Daftar Isi
Cara mudah menentukan nama usaha (merek) yang tepat untuk bisnis - Dalam dunia bisnis, nama usaha atau biasa dikenal dengan MEREK atau BRAND merupakan hal yang paling penting dan tidak boleh dianggap remeh sama sekali.
Sebab, nama usaha atau merek ini membantu untuk menguatkan brand bisnis tersebut di depan publik. Sehingga sangat penting untuk menciptakan serta menentukan nama usaha atau merek brand yang tepat untuk bisnis yang sedang kamu kembangkan.
Pertama kali yang akan dilihat dan diperhatikan oleh banyak orang terkait suatu brand atau usaha adalah nama usaha atau merek dari bisnis tersebut. Dengan begitu, orang-orang akan mengenal bisnis dan brand yang kamu miliki dengan mudah.
Dan yang terpenting adalah jangan menggunakan nama usaha atau merek yang mirip dengan nama usaha dari perusahaan lain. Karena selain sulit untuk dibedakan, merek atau nama usaha yang kamu gunakan juga tidak menutup kemungkinan terkena pelanggaran hak cipta karena telah meniru merek dari orang lain.
Oleh karena itu, bagi para pemilik usaha tentunya kamu juga harus berusaha untuk mencari dan menentukan nama usaha atau nama brand yang memiliki nilai jual yang tinggi. Dengan begitu, orang-orang akan beranggapan bahwa merek brand yang kamu miliki adalah brand yang berkualitas.
Berikut ini ada beberapa tips mudah menentukan nama usaha merek brand yang tepat untuk bisnis agar mudah dikenal dan diingat. simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.
Cara Mudah Menentukan Nama Usaha Yang Tepat
Dalam menentukan sebuah merek atau nama usaha bisnis sendiri tidak begitu sulit dan tidak melulu mendetail dan rumit sehingga kamu tidak perlu mengandalkan dari pihak ketiga.
Tapi jika membuat sebuah merek atau nama usaha bisnis sendiri dirasa sulit, kamu bisa menggunakan jasa dari pihak ketiga untuk menciptakan bahkan mendaftarkan nama usaha atau merek yang kami inginkan.
Hindari Angka
Poin pertama yang paling penting ketika ingin membuat sebuah nama usaha atau merek adalah menghindari angka. Pernah gak sih kamu menemukan sebuah perusahaan atau brand populer yang ada di Indonesia ini menggunakan angka?
Mungkin ada, namun tidak banyak. Dan beberapa contoh brand atau nama bisnis populer yang ada Indonesia seperti Tokopedia, Gojek dan lain sebagainya. Ketiga nama tersebut sama sekali tidak mengandung angka dan kombinasi huruf sehingga lebih mudah diingat dan bahkan lebih estetik. Dan inilah merek usaha yang bagus dan bisa dicontoh.
Nah, oleh karena itu, jika kamu ingin membuat sebuah merek baru, hindarilah penggunaan angka dalam merek dagang atau nama usaha agar lebih mudah diucapkan dan juga diingat oleh para audiens kamu nantinya.
Gunakan Huruf Latin
Tips berikutnya ketika kamu ingin membuat dan menentukan sebuah merek atau nama usaha, gunakanlah huruf latin. Sebisa mungkin hindari penggunaan huruf asing yang sulit dibaca dan juga dipahami oleh masyarakat Indonesia.
Huruf asing yang dimaksud adalah huruf selain huruf latin atau alfabet yang digunakan dalam bahasa Indonesia. Beberapa contoh di antaranya seperti huruf Jepang, China, Arab (termasuk Arab moderen) dan lain sebagainya. Hal ini dapat mempersulit para audiens untuk mengenal dan mengingat merek atau nama usaha yang kamu miliki.
Namun kamu bisa menggunakan kata dalam bahasa asing dengan huruf latin. Contohnya, jika kamu ingin membuat sebuah usaha fashion muslim dan kamu ingin menggunakan merek yang mengandung arti dalam bahasa Arab, kamu bisa gunakan kata bahasa Arab tersebut menggunakan huruf latin seperti Al-Fattah, Al-Faiz dan lain sebagainya. Yang terpenting adalah menggunakan huruf latinnya.
Tidak dipungkiri, banyak pemilik usaha dan brand terkenal selalu menggunakan arti kata dalam bahasa tertentu dengan tujuan dan harapan yang sesuai dengan arti kata tersebut.
Di sisi lain, kamu juga pasti sering menemukan berbagai tempat usaha yang mengandung kata barokah bukan? Nah, kata barokah tersebut diambil dari kata bahasa Arab yang memiliki arti berkah atau keberkahan.
Buatlah Merek Bisnis Sesuai dengan Jenis Usaha
Poin berikutnya dalam membuat dan menentukan sebuah merek adalah membuat merek sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan. Maksudnya, jika usaha yang kamu miliki adalah menjual barang-barang seputar kecantikan atau skincare, kamu bisa gunakan kombinasi kata yang berkaitan dengan skincare seperti kata beauty, beauty care dan lain sebagainya.
Atau jika usaha yang kamu miliki adalah menjual barang-barang pakaian pria dan wanita, kamu juga bisa kombinasikan kata-kata yang berkaitan dengan fashion seperti collection, clothing dan lain sebagainya. Dengan begitu, para calon audiens akan cepat mengetahui tentang merek dan usaha yang kamu miliki.
Pastikan Merek Unik dan Bisa Ditemukan
Poin berikutnya ketika kamu sudah menentukan merek atau nama usaha sesuai dengan keinginan kamu, jangan lupa untuk memastikan bahwa merek atau nama usaha yang kamu buat memiliki nilai yang unik dan bisa ditemukan.
Kamu bisa coba searching terlebih dahulu kata kunci merek yang telah kamu buat untuk usaha kamu di pencarian Google atau search engine lainnya.
Jika di pencarian hasilnya tidak ditemukan, itu artinya kata kunci untuk merek usaha kamu belum digunakan oleh siapapun dan memiliki nilai yang unik. Namun jika hasil di pencarian sudah ada dan sudah digunakan, sebaiknya ganti atau kombinasikan beberapa kata lagi agar menjadi unik.
Keunikan dalam merek brand atau nama usaha itu hal yang penting. Jangan sampai kamu menggunakan merek usaha yang mirip-mirip dengan merek usaha orang lain. Pada akhirnya merek usaha kamu mungkin saja akan sulit berkembang di kemudian hari.
Gunakan Kata Akronim
Tips terakhir yang bisa kamu terapkan dalam membuat dan menentukan sebuah merek atau nama usaha bisnis adalah dengan menggunakan kata akronim. Akronim adalah kependekan yang berupa gabungan huruf atau suku kata, atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar.
Sebagai contoh, kita sebut saja beberapa nama bisnis yang populer sekarang ini seperti GoJek, Tokopedia dan juga Netflix. Pada ketiga nama bisnis tersebut, mereka menggunakan kata akronim sebagai merek atau nama bisnisnya. Go-Jek, Toko-pedia, Net-flix.
Oleh karena itu, kamu bisa coba menggabungkan dua atau tiga kata untuk nama bisnis kamu dan yang terpenting adalah menggambarkan tentang usaha yang sedang dijalankan oleh perusahaan kamu sehingga konsumen dapat mengingat nama bisnis tersebut dengan mudah.
Penutup
Demikian informasi dan tips yang bisa saya sampaikan di artikel kali ini terkait cara mudah menentukan nama usaha atau merek yang tepat untuk bisnis. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan membantu.